KHAIRANI, HASNIL (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUB TEMA 1 PB 3 DI KELAS IV SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111035_COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 1161111035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
3. NIM. 1161111035_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
4. NIM. 1161111035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
5. NIM. 1161111035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
6. NIM. 1161111035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 1161111035_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 1161111035_BAB V.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
12. NIM. 1161111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan-penerapan model pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan terjadinya pembelajaran satu arah dan diperoleh hasil belajar mid semester beberapa siswa yang belum mencapai KKM. Dari 27 siswa hanya 10 siswa yang mencapai KKM dan 17 siswa belum mencapai KKM. Sebagian besar peserta didik juga belum mampu menghubungkan teori dengan aplikasi dalam kehidupan nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 sub tema 1 pb 3 di kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk pre experimental dengan design One –Group Pretest-Postest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 107400 Bandar Khalipah yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda. Instrumen yang valid diberikan sebelum dan sesudah pemberian model pembelajaran
Experiential Learning. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample t Test dengan bantuan Software Statistical Package For Sosial Sciences (SPSS) 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 sub tema 1 pb 3 di kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah tahun ajaran 2019/2020. Diperoleh rata-rata pretest = 51 dan rata-rata posttest = 78 dengan demikian
terdapat perbedaan antara nilai belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran Experiential Learning. Kemudian dalam penelitian ini dihasilkan uji normalitas data pretest dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 diperoleh hasil 0,92 > 0,05, dan pada data posttest 0,36 > 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal.
Pada uji homogenitas data pretest dan posttest dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 diperoleh hasil 0,753 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok data tersebut memilki varian yang sama atau homogen. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi hitung yaitu 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap hasil belajar siswa pada tema
1 sub tema 1 pb 3 di kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Experiential Learning, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 04:22 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44210 |