MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 050594 SAMBIREJO T.A 2019/2020

ARISANTI, DWI RIZKI (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 050594 SAMBIREJO T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1163311024_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1163311024_COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1163311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1163311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1163311024_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1163311024_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1163311024_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1163311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1163311024_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1163311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1163311024_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1163311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1163311024_DAFTAR BAGAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1163311024_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1163311024_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1163311024_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 11663311024_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 11663311024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1163311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1163311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 1163311024_BAB I.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 1163311024_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1163311024_BAB V.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1163311024_BAB V.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM. 1163311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 1163311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran kurang dan rendahnya hasil belajar disebabkan model mengajar yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi sehingga siswa kurang aktif saat pembelajaran berlangsung dan merasa bosan. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo T.A 2019/2020.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 orang siswa dengan siswa laki-laki 15 orang dan perempuan 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretest, dan posttest siklus I, siklus II dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada tema 7, subtema 2, pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pretest, posttest siklus 1, posttet siklus 2 dan lembar observasi digunakan untuk menilai yang dilakukan
oleh peneliti dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 46,7 terdapat 7 orang siswa (25%) yang tuntas belajar dan 21 orang siswa (75%) yang belum tuntas belajar. Setelah dilakukan tindakan siklus I terjadi peningkatan diperoleh nilai rata-rata sebesar 66, siswa yang memperoleh nilai tuntas dan siswa yang mengalami peningkatan sebanyak 15 (53,6%) dan siswa yang tidak tuntas dan belum mengalami peningkatan sebanyak 13 (46,4%). Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belum mencapai tingkat ketuntasan klasikal karena masih dibawah 75%. Selanjutnya setelah diberikan tindakan pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata sebesar 80,3, terdapat 26 orang siswa (92,8%) yang tuntas belajar dan mengalami peningkatan, dan 2 orang siswa (7,1%) yang tidak tuntas belajar dan belum mengalami peningkatan. Tingkat belajar pada siklus II mencapai 92,8 yang berarti bahwa hasil belajar klasikal telah tuntas (75%). Lalu pada pengamatan observasi siswa siklus I sebesar 62,3 dan 69,5. Selanjutnya pada siklus II sebesar 73,9 dan 81,8. Serta pada obervasi guru siklus I skor hasil observasi sebanyak 51 dan 53 dengan persentase 85% dan 88,3%. Pada siklus II skor observasi guru sebanyak 56 dan 57 dengan persentase 93,3% dan 95%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas V SD Negeri 050594 Sambirejo T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:22
Last Modified: 03 Jan 2022 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44186

Actions (login required)

View Item
View Item