Farinsza, Irda Maya (2021) Pengembangan Buku Nonteks Keanekaragaman Serangga di Kebun Kelapa Sawit Berbasis Literasi Sains Sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa di Labuhanbatu Utara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196174003 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 8196174003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM 8196174003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM 8196174003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM 8196174003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM 8196174003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. NIM 8196174003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM 8196174003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM 8196174003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM 8196174003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
14. NIM 8196174003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keanekaragaman serangga yang berada di area kelapa sawit di Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara; (2) Mengetahui tingkat kelayakan isi buku buku nonteks keanekaragaman serangga kelapa sawit berbasis literasi sains menurut ahli materi; (3) Mengetahui tingkat kelayakan penyajian pembelajaran buku nonteks keanekaragaman serangga kelapa sawit berbasis literasi sains menurut ahli desain; (4) Mengetahui tanggapan guru Biologi dan peserta didik terhadap buku nonteks keanekaragaman serangga kelapa sawit berbasis literasi sains; dan (5) Mengetahui efektivitas buku nonteks keanekaragaman serangga kelapa sawit berbasis literasi sains yang telah dikembangkan dalam meningkatkan literasi sains biologi siswa SMA.
Penelitian ini dilakukan di perkebunan perseorangan di Kec. Marbau, Kab. Labuhanbatu Utara. Metode pengumpulan data melalui pengamatan langsung di 2 lahan kelapa sawit yang berbeda, yakni lahan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan lahan Tanaman Menghasilkan (TM) dengan menggunakan tiga macam perangkap, yaitu Pitfall Trap, Light Trap, dan Sweep Net. Buku yang dikembangkan berdasarkan teori dari Thiagarajan yakni 4-D (Four-D Models). Instrumen penelitian berupa lembar penilaian validator ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan penilaian respon guru Biologi serta respon peserta didik. Hasil penelitian pada lahan TBM dikelompokkan dalam 8 ordo, yaitu Coleoptera, Hemiptera, Orthoptera, Hymenoptera, Homoptera, Diptera, Lepidoptera dan Isoptera. Ordo Hymenoptera (Formicidae) termasuk spesies yang paling banyak ditemukan dengan jumlah 393 individu dengan kelimpahan relatif tertinggi sebesar 76,2%. Hasil penelitian pada lahan TM dikelompokkan dalam 6 ordo, yaitu Coleoptera, Himeptera, Orthoptera, Hymenoptera, Lepidoptera, dan Odonata. ordo Hymenoptera (Formicidae) juga memiliki spesies terbanyak yaitu 471 individu dengan kelimpahan relatif tertinggi sebesar 102,2%. Hasil penilaian kelayakan isi buku dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 90,9% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian kelayakan penyajian buku dari ahli desain mendapatkan persentase sebesar 90,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil tanggapan guru Biologi dan peserta didik terhadap buku mendapatkan persentase sebesar 90,8% dan 90,1% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji efektivitas buku nonteks keanekaragaman serangga kelapa sawit berbasis literasi sains tergabung dalam kriteria cukup efektif dengan perolehan persentase n-gain senilai 64,02%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Far p |
Keywords: | Buku nonteks keanekaragaman serangga kelapa sawit; lahan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM); lahan Tanaman Menghasilkan (TM), kelayakan isi, kelayakan penyajian, respon guru dan peserta didik; uji efektivitas buku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 09:37 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44182 |