SYAHPUTRA, DWI (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153121005 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 5153121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3. NIM. 5153121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 5153121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 5153121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 5153121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 5153121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 5153121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5153121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM. 5153121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 5153121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran tipe Jigsaw; 2) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning; 3) Perbedaan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan Project Based Learning pada mata pelajaran menggambar teknik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2019. Lokasi penelitian di SMK Swasta Sinar Husni Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Swasta
Sinar Husni Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 70 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran
Project Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar pada materi pengenalan bentuk dan fungsi garis gambar teknik yang telah disusun dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik
analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Project Based Learning dengan perolehan nilai rata-rata 83,31 dan 80,23. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok homogen. Setelah dilakukan uji “t” diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,049 < 0,05. dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar menggambar
teknik siswa kelas X TKR SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A. 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Jigsaw, Project Based Learning, Hasil Belajar, Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:34 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44112 |