Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A2019/2020

SYAHPUTRA, DWI (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5153121005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5153121005 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5153121005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5153121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5153121005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5153121005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5153121005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5153121005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5153121005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5153121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5153121005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5153121005 TABLES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5153121005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5153121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5153121005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5153121005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5153121005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5153121005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5153121005 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5153121005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5153121005 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5153121005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5153121005 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5153121005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5153121005 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5153121005 CHAPTER V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5153121005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5153121005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5153121005 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5153121005 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran tipe Jigsaw; 2) Hasil belajar siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning; 3) Perbedaan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan Project Based Learning pada mata pelajaran menggambar teknik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2019. Lokasi penelitian di SMK Swasta Sinar Husni Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Swasta
Sinar Husni Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 70 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran
Project Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar pada materi pengenalan bentuk dan fungsi garis gambar teknik yang telah disusun dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik
analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Project Based Learning dengan perolehan nilai rata-rata 83,31 dan 80,23. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok homogen. Setelah dilakukan uji “t” diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,049 < 0,05. dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar menggambar
teknik siswa kelas X TKR SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A. 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Jigsaw, Project Based Learning, Hasil Belajar, Menggambar Teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:34
Last Modified: 27 Aug 2025 01:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44112

Actions (login required)

View Item
View Item