Arfiliana (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BENTUK KOMIK DAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 060843 KECAMATAN MEDAN BARAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182006 Cover.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
2. 8126182006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3. 8126182006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8126182006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. 8126182006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. 8126182006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8126182006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126182006 Bab I.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
9. 8126182006 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
11. 8126182006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bentuk komik dan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi bangun datar kelas III dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini dilakukan karena minat membaca siswa di Indonesia masih rendah, termasuk pada siswa kelas III SD Negeri 060843 kecamatan Medan Barat. Selain itu, buku pelajaran matematika yang beredar di sekolah masih menggunakan bahasa formal dan deskriptif sehingga belum memberikan pemahaman bagi siswa. Hal ini berdampak pada minat dan motivasi belajar matematika siswa yang kurang dan hasil belajar materi geometri bangun datar siswa yang rendah.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 060843 kecamatan Medan Barat. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2013 sampai dengan bulan Maret 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development/ R&D), model Van den Akker (1999). Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah (1) Analisis awal, (2) Evaluasi ahli dan guru, (3) Uji coba skala kecil, (4) Data empiris, (5) Refleksi dan Revisi, (6) Model penelusuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Analisis data validitas bahan ajar komik dan Lembar Kerja Siswa, (2) Analisis data tes hasil belajar, (3) Analisis peningkatan tes hasil belajar, (4) Analisis efektivitas penerapan bahan ajar komik dan Lembar Kerja Siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik dan Lembar Kerja Siswa berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 2 orang pakar dan 3 orang guru matematika adalah valid dan tergolong sangat baik. Demikian pula dengan tes hasil belajar siswa yang menggunakan validitas product moment. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan sangat baik. Rerata perolehan skor pada tes awal uji coba I sebelum menggunakan bahan ajar yang dikembangkan adalah 64,25, kemudian pada tes akhir setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan rerata skor menjadi 87,88. Pada uji coba II, rerata skor tes awal adalah 64,13, sedangkan pada tes akhir diperoleh rerata skor 88,38. Berdasarkan pengamatan aktivitas guru, siswa, kesan guru, respon siswa, dan hasil belajar siswa yang meliputi ketuntasan tujuan dan klasikal, maka penerapan komik dan LKS dinyatakan efektif dan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Arf p |
Keywords: | Matematika realistik; Bahan ajar; Bangun datar; Komik; Geometri; Lembar kerja siswa; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4409 |