Sari, Cut Amanda Kumala (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 064028 TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116182003 Cover.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. 8116182003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. 8116182003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. 8116182003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. 8116182003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. 8116182003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. 8116182003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. 8116182003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. 8116182003 Bab I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
10. 8116182003 Bab V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
11. 8116182003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui penggunaan pendekatan kontekstual (CTL), (2) Meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan pendekatan kontekstual (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SD 064028 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data terhadap hasil belajar, dan pengamatan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1). Penggunaan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II, rata-rata pada masing-masing siklus adalah siklus I sebesar 78% dalam kategori “Cukup” dan pada siklus II sebesar 83% dalam kategori “Baik”. (2). Penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi pecahan pecahan pada sub topik penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan juga mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 23,52%, pada masing-masing persentasi siklus adalah, pada siklus I siswa diperoleh sebanyak 23 orang (67,65%) memperoleh nilai ≥ 65 dari 34 siswa. Sedangkan siswa pada siklus I yang < 65 sebanyak 11 orang siswa (32,35%). Selanjutnya pada siklus II siswa diperoleh sebanyak 31 orang (91,17%) memperoleh nilai ≥ 65 dari 34 siswa, Sedangkan siswa pada siklus II yang < 65 sebanyak 3 orang siswa (8,83%) dari 34 orang. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan guru matematika SD Negeri 064028 memgajarkan pecahan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL). Hal ini dapat dipahami karena terbukti dalam penelitian ini, pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Sar u |
Keywords: | Pecahan; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran matematika; Aktivitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4408 |