Harahap, Syarifah Ainun (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII MTSN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182041Cover.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. 8126182041 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126182041 Abstrak.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. 8126182041 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. 8126182041 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 8126182041 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8126182041 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. 8126182041 Bab I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
9. 8126182041 Bab V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
10. 8126182041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan menulis teks berita antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori; (2) Perbedaan kemampuan menulis teks berita antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori; (3) Perbedaan kemampuan menulis teks berita antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori; dan (4) Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis teks berita. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas VIII sebanyak 48 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang berjumlah 24 siswa pada kelas VIII U1 dan 24 siswa pada kelas VIII U2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes kemampuan menulis teks berita dan angket motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil kemampuan menulis kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori dengan nilai F Hitung=36,675> F tabel = 4,06, (2) hasil kemampuan menulis pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan nilai Fhitung = 13,02 > Ftabel = 4,06. (3) hasil kemampuan menulis pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) tidak lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan nilai Fhitung 0,66 > Ftabel 2,82, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis teks berita siswa dengan nilai Fhitung = 31,69 > Ftabel = 4,06.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Har p |
Keywords: | Motivasi; Menulis; Teks berita; Group investigation; Pembelajaran ekspositori; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4407 |