Ginting Munte, Sri Rahayu (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS VIII-B MTSN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 809825017 Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. 809825017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. 809825017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 809825017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. 809825017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. 809825017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 809825017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 809825017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 809825017 Bab I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
10. 809825017 Bab V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
11. 809825017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru pada pembelajaran IPA dengan menerapkan metode inkuiri siswa kelas VIII-B MTsN Hamparan Perak Kabupaten Deli serdang dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi cahaya dengan menerapkan metode inkuiri siswa kelas VIII-B MTsN Hamparan Perak Kabupaten Deliserdang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-B MTsN Hamparan Perak Kabupaten Deliserdang sebanyak 30 orang yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan persentase skor rata-rata aktivitas guru, skor rata-rata aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar siswa dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) terjadi peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan menerapkan metode inkuiri sebesar 14,27%. Hal ini dapat dilihat pada persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,24% dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 89,51% dengan kategori baik, dan (2) terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II sebesar 86,67%. Dengan demikian, hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 20,00%. Melalui uji gain ternormalisasi diperoleh sebesar 0,38 dalam kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Gin p |
Keywords: | Cahaya; Metode inkuiri; Metode pembelajaran; Ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4404 |