Tarigan, Oktaviyani (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BAGI SISWA KELAS XI MIA DI SMA SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161141041 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 4161141041 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM 4161141041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM 4161141041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM 4161141041 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4161141041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13. NIM 4161141041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM 4161141041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains yang dikembangkan pada materi sistem ekskresi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Swasta Imelda Medan. Penelitian menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D yang dimodifikasi meliputi beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define) yang meliputi dari tahap analisis ujung depan, karakteristik siswa, analisis konsep, merumuskan tujuan. Tahap kedua perancangan (design) yang meliputi pengumpulan materi, pemilihan format, desain awal LKPD dan draf I. Tahap ketiga adalah pengembangan (develop) yang meliputi validasi ahli, revisi, penilaian gru bidang studi, revisi penilaian guru bidang studi, uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji kelompok terbatas, dan draf II, dan penyebaran (disseminate) bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan produk yang telah dikembangkan. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI MIA 1 dan satu orang guru biologi SMA Swasta Imelda Medan. Produk yang dihasilkan berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi sistem ekskresi berbasis keterampilan proses sains. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan rata-rata 100% kriteria sangat layak, penilaian oleh ahli pembelajaran menunjukkan rata-rata 91,67% kriteria sangat layak, dan penilaian oleh ahli desain 83,4% kriteria sangat layak. Hasil penilaian oleh guru bidang studi menunjukkan rata-rata 96,05% kriteria sangat layak. Hasil tanggapan peserta didik menunjukkan rata-rata 93,54% termasuk kriteria positif. Uji keefektifan produk yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan nilai N-gain 0,60 dengan kriteria “Sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD pada materi sistem ekskresi dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 221 |
Keywords: | Lembar kerja peserta didik; Keterampilan proses sains; Sistem ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 02:30 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44004 |