Lasty, Widya Firdausi (2014) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 014680 BUNTU PANE KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182043 Cover.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. 8126182043 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
3. 8126182043 Abstrak.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. 8126182043 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. 8126182043 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 8126182043 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. 8126182043 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 8126182043 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8126182043 Bab I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
10. 8126182043 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
11. 8126182043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan teknik kunjungan lapangan dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan teknik penyajian secara kasus; (2) Hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar visual dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditori; dan (3) Interaksi antara teknik pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.014680 Buntu Pane Kisaran pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 50 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPS sebanyak 25 siswa pada kelas IVA dan sebanyak 25 siswa pada kelas IV B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan angket gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan teknik kunjungan lapangan lebih tinggi dibadingkan dengan teknik penyajian kasus (Fhitung = 19,86 > Ftabel = 4,05), (2) Hasil belajar IPS Siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori (Fhitung = 8,65 > Ftabel = 4,05). (3) Terdapat interaksi teknik pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa auditori (Fhitung = 6,52 > Ftabel = 4,05). Data ini menunjukkan, teknik pembelajaran dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Las p |
Keywords: | Teknik pembelajaran; Kunjungan lapangan; Gaya belajar; Ilmu pengetahuan sosial; Teknik penyajian kasus |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4399 |