Lumban Tobing, Miranda Renata (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PROTISTA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS X SMA SWASTA METHODIST 2 RANTAUPRAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173141041 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4173141041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 4173141041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4. NIM. 4173141041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 4173141041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
9. NIM. 4173141041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 4173141041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 4173141041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi Protista berdasarkan aspek kognitif dan aspek indikator pembelajaran serta faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada materi Protista di kelas X SMA Swasta Methodist 2 Rantauprapat selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah hasil belajar siswa pada materi Protista dan angket kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan aspek kognitif yang terendah terdapat pada tingkat C2 (memahami) sebesar 37,14% sedangkan yang tertinggi terdapat pada tingkat C6 (menciptakan) sebesar 54,29%. Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan aspek indikator pembelajaran yang terendah terdapat pada indikator II sebesar 41,79% sedangkan yang tertinggi terdapat pada indikator III sebesar 54%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi Protista dengan persentase terendah adalah lingkungan keluarga 32,14% sedangkan yang tertinggi adalah lingkungan masyarakat 62,86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 203 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Protista; Pembelajaran jarak jauh; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43983 |