EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED PADA MATAKULIAH MIKROTEKNIK SELAMA PERIODE PANDEMI COVID-19 2020

Bukit, Jeni Fransiska (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED PADA MATAKULIAH MIKROTEKNIK SELAMA PERIODE PANDEMI COVID-19 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM. 4173141034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173141034 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173141034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173141034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173141034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173141034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173141034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173141034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 4173141034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 4173141034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 4173141034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173141034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173141034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui cara dosen menyelenggarakan pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran daring dan kendala yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode survei, jenis penelitian campuran yaitu kuantitatif untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan kualitatif untuk mengetahui cara dosen menyelenggarakan pembelajaran daring serta kendala mahasiswa selama pembelajaran daring. Responden penelitian berjumlah 148 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran yang digunakan dosen yaitu penugasan kelompok (35,5%), penugsan individu (31,8%), teleconference dan kuis (21,7%) dan teleconference (11%) dengan menggunakan aplikasi yaitu zoom meeting(32,5%), SIPDA (26%), WA Grup (25,7%) dan google classroom (15,8%). Bentuk materi pembelajaran yang disajikan dosen yaitu dengan powerpoint (38,3%), bahan bacaan/artikel atau jurnal (33,4%), video pembelajaran (14,3%) dan e-book (14%). Pembelajaran daring mahasiswa pendidikan biologi FMIPA Unimed matakuliah mikroteknik termasuk efektif (72,86%). Berdasarkan kompetensi predikat Rektor Unimed, kompetensi yang dicapai nilai kelas A sampai kelas E termasuk kompeten dengan nilai rata-rata 87,11. Untuk mengetahui hubungan efektivitas pembelajaran daring dengan nilai mahasiswa dilakukan uji regresi. Hasil yang diperoleh yaitu Fhitung (0,35 < Ftabel (1,48) yang berarti terdapat hubungan yang linier antara efektivitas dengan nilai mahasiswa sehingga semakin tinggi efektivitas maka semakin tinggi nilai hasil belajar. Kendala yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring yaitu menghabiskan banyak kuota (53%), kesehatan menurun (22,70%), tidak ada uang membeli paket (18,2%) dan tidak ada alat elektronik (6,1%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 219
Keywords: Pembelajaran daring; Mikroteknik; Pembelajaran tatap muka; Pembelajaran efektif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Dec 2021 08:53
Last Modified: 03 Dec 2021 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43975

Actions (login required)

View Item
View Item