Bukit, Jeni Fransiska (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED PADA MATAKULIAH MIKROTEKNIK SELAMA PERIODE PANDEMI COVID-19 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173141034 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM. 4173141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM. 4173141034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM. 4173141034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
5. NIM. 4173141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9.NIM. 4173141034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 4173141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM. 4173141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui cara dosen menyelenggarakan pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran daring dan kendala yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode survei, jenis penelitian campuran yaitu kuantitatif untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan kualitatif untuk mengetahui cara dosen menyelenggarakan pembelajaran daring serta kendala mahasiswa selama pembelajaran daring. Responden penelitian berjumlah 148 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran yang digunakan dosen yaitu penugasan kelompok (35,5%), penugsan individu (31,8%), teleconference dan kuis (21,7%) dan teleconference (11%) dengan menggunakan aplikasi yaitu zoom meeting(32,5%), SIPDA (26%), WA Grup (25,7%) dan google classroom (15,8%). Bentuk materi pembelajaran yang disajikan dosen yaitu dengan powerpoint (38,3%), bahan bacaan/artikel atau jurnal (33,4%), video pembelajaran (14,3%) dan e-book (14%). Pembelajaran daring mahasiswa pendidikan biologi FMIPA Unimed matakuliah mikroteknik termasuk efektif (72,86%). Berdasarkan kompetensi predikat Rektor Unimed, kompetensi yang dicapai nilai kelas A sampai kelas E termasuk kompeten dengan nilai rata-rata 87,11. Untuk mengetahui hubungan efektivitas pembelajaran daring dengan nilai mahasiswa dilakukan uji regresi. Hasil yang diperoleh yaitu Fhitung (0,35 < Ftabel (1,48) yang berarti terdapat hubungan yang linier antara efektivitas dengan nilai mahasiswa sehingga semakin tinggi efektivitas maka semakin tinggi nilai hasil belajar. Kendala yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring yaitu menghabiskan banyak kuota (53%), kesehatan menurun (22,70%), tidak ada uang membeli paket (18,2%) dan tidak ada alat elektronik (6,1%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 219 |
Keywords: | Pembelajaran daring; Mikroteknik; Pembelajaran tatap muka; Pembelajaran efektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 08:53 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43975 |