Nadeak, Hazwina Sari (2021) KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI MIA MAN 1 MEDAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163341029 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM 4163341029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM 4163341029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM 4163341029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM 4163341029 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
9. NIM 4163341029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM 4163341029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM 4163341029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi ilmiah tentang keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran biologi pada materi pokok Sistem Ekskresi Manusia menggunakan pembelajaran daring di kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang dikelompokkan 9 kelas berjumlah 341 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling dari masing-masing kelas disampling 30% siswa secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes keterampilan pemecahan masalah melalui formulir-formulir yang berisi pertanyaan dengan sistem daring. Teknik analisis data menggunakan penskoran dengan rubrik penilaian keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan gambaran dari keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran biologi pada materi pokok sistem ekskresi manusia menggunakan sistem pembelajaran daring di kelas XI MIA MAN 1 medan tahun pembelajaran 2020/2021 secara keseluruhan dinyatakan taraf pada kategori sedang dengan skor aspek terendah peserta didik terdapat pada aspek mengidentifikasi masalah dan skor aspek tertinggi terdapat pada aspek memilih alternatif solusi (terbaik). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu peserta didik tidak dibiasakan berlatih menyelesaikan penyelesaian masalah dalam proses pembelajaran, keterbatasan waktu yang diberikan, kurang telitinya peserta didik dalam membaca soal dan peserta didik tidak terlalu memahami materi dikarenakan saat pembelajaran peserta didik tidak fokus pada saat pembelajaran berlangsung terutama karena sistem pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 234 |
Keywords: | Keterampilan pemecahan masalah; Sistem ekskresi manusia; Pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 03:16 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43971 |