Butar-butar, Yosua (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HUKUM NEWTON GERAK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BESITANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4172121035 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. 4172121035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3. 4172121035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. 4172121035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. 4172121035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. 4172121035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
12. 4172121035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. 4172121035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) Menghasilkan sebuah modul fisika pada materi Hukum Newton Gerak yang telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk dapat diimplementasikan di dalam proses pembelajaran fisika, (2) Mengetahui tingkat validitas e-modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X di SMA Negeri 1 Besitang yang telah dikembangkan, (3) Mengetahui tingkat kepraktisan e-modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X di SMA Negeri 1 Besitang yang telah dikembangkan, (4) Mengetahui tingkat keefektifan e-modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X di SMA Negeri 1 Besitang yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Besitang yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define-Design-Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, angket respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X SMA dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis Problem Based Learning yang diujikan kepada 3 orang ahli dengan hasil sangat valid (2) Tingkat kepraktisan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. (3) tingkat keefektifan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan yaitu kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 113 |
Keywords: | Modul elektronik; Problem based learning; Hukum newton; Gerak; Bahan ajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 09:39 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43953 |