PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TINGKAT SMP DI TAPUNG

Manulang, Magdalena Nurlia (2021) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TINGKAT SMP DI TAPUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151111050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151111050 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151111050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151111050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151111050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151111050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151111050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151111050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151111050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151111050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151111050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151111050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151111050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151111050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151111050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal matematika model PISA untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa tingkat SMP di Tapung yang valid, praktis, dan efektif. Soal yang dikembangkan berupa soal uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tipe pengembangan formative evaluation. Penelitian pengembangan terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap persiapan (preliminary) dan tahap formative evaluation, yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tapung yang berjumlah 21 siswa T.A 2020/2021.
Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah soal yang dikembangkan telah memenuhi syarat tes yang berkualitas, yakni valid, praktis, dan efektif. Dan untuk validasi isi telah diuji dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics dengan hasil analisis bahwa ke-5 soal tersebut dinyatakan “Valid”, karena semua item soal memiliki nilai r_( hitung)>〖r 〗_tabel. Nilai r_( hitung) untuk ke-5 soal tersebut berturut-turut adalah 0,731; 0,981; 0,850; 0,843; dan 0,875, sedangkan 〖r 〗_tabel yang digunakan adalah 0,666. Untuk kepraktisan soal dari angket respon siswa “Tercapai”, dengan rata-rata respon positif siswa adalah 86% pada lembar angket respon siswa. Dengan demikian, soal yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tapung yang berjumlah 21 siswa dan hasil yang diperolehan dengan nilai rata-rata 49,61 yang artinya memiliki kemampuan komunikasi matematika “Cukup”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 208
Keywords: Soal matematika model PISA; Komunikasi matematika; Formative evaluation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:08
Last Modified: 24 Nov 2021 07:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43914

Actions (login required)

View Item
View Item