Sholli, Luth Via (2021) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATEMATIKA WAJIB KELAS X DAN XI DI SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142111038 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4142111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM. 4142111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4142111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM. 4142111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM. 4142111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
13. NIM. 4142111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4142111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, indeks daya pembeda, dan daya pengecoh soal ujian akhir semester (UAS) mata pelajaran matematika wajib kelas X dan XI SMA Swasta Darussalam Medan selama dua tahun ajaran terakhir. Jenis Penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas X dan XI selama dua tahun ajaran terakhir yang berjumlah 220 siswa. Objek penelitian adalah soal ujian semester matematika wajib SMA Swasta Darussalam Medan selama dua tahun ajaran terakhir. Berdasarkan hasil penelitian ini, selama dua tahun ajaran terakhir menunjukkan bahwa melalui analisis validitas butir soal, rata-rata item soal dinyatakan valid, sedangkan di kelas X semester genap T.A. 2020/2021 seluruh item tidak valid. Melalui analisis reliabilitas, kelas X dan XI memiliki reliabilitas berbeda. Pada semester genap memiliki reliabilitas rendah (tidak reliabel) dan semester ganjil memiliki reliabilitas tinggi (reliabel). Di kelas X dan XI pada semester genap pada dua tahun ajaran terakhir memiliki indeks reliabilitas rendah untuk T.A. 2019/2020. Melalui analisis tingkat kesukaran, butir soal ujian akhir pada mata pelajaran matematika wajib selama dua tahun ajaran terakhir kelas X dan XI memiliki tingkat kesukaran berbeda-beda. Butir soal yang termasuk dalam kategori sukar yang mendominasi secara keseluruhan Melalui analisis indeks diskriminasi, butir soal ujian untuk kelas X selama dua tahun terakhir memiliki indeks diskriminasi yang baik dan cukup, sedangkan untuk kelas XI memiliki indeks diskriminasi yang baik dan buruk. Melalui analisis daya pengecoh, butir soal selama dua tahun ajaran terakhir menunjukkan sebagian besar pengecoh berfungsi dengan sangat baik dan baik, akan tetapi terkhusus untuk kelas X pada T.A. 2019/2020 memiliki pengecoh yang tidak berfungsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 287 |
Keywords: | Evaluasi pembelajaran; Penilaian hasil belajar; Analisis butir soal; Validitas butir; Reliabilitas; Tingkat kesukaran; Indeks diskriminasi; Daya pengecoh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 04:32 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43912 |