Suryani, Indah (2020) Kemampuan Membaca Pemahaman Cerpen Siswa Kelas VII SMP Swasta Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163111022 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 2163111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM 2163111022 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 2163111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 2163111022 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 2163111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 2163111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM 2163111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
12. NIM 2163111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
13. NIM 2163111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman cerpen siswa Kelas
VII SMP Swasta Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dari unsur tema, tokoh dan
penokohan, alur, latar dan amanat. Sampel penelitian menggunakan teknik kluster sampel acak
dan diperolah sampel dari kelas VII sebanyak 25 orang siswa. Penelitian ini merupak jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil uji pemahaman membaca
cerpen siswa yang acuan penilaiannya berdasarkan 5 unsur pemahaman membaca cerpen yaitu
unsur tema, tokoh dan penokohan, alur, latar dan amanat. Pada unsur tema sebanyak 3 orang
siswa memperoleh skor cukup, kemudian 11 orang siswa memperoleh skor pada kategori baik
dan 11 orang memproleh skor pada katagori sangat baik. Pada unsur tokoh/penokohan yaitu
terdapat 4 orang siswa yang memperoleh skor pada kategori kurang, kemudian terdapat 3 orang
siswa pada kategori cukup, terdapat 14 orang siswa yang memperoleh skor pada kategori baik
dan 4 orang yang memperoleh skor pada kategori sangat baik. Pada unsur alur yaitu tidak
terdapat satu siswa pun yang memperoleh skor pada kategori kurang, terdapat 4 orang siswa
yang memperoleh skor pada kategori cukup, terdapat 16 orang siswa yang memperoleh skor
pada kategori baik, dan 5 orang siswa yang memperoleh skor pada kategori sangat baik yaitu
skor 20. Pada unsur latar yaitu terdapat 6 orang siswa memperoleh skor pada kategori kurang,
terdapat 6 orang siswa yang memperoleh skor cukup, kemudian 8 orang memperoleh skor pada
kategori dan 5 orang siswa yang memperoleh skor sangat baik. Pada unsur amanat yaitu terdapat
masing 4 orang siswa memperoleh skor pada kategori baik dan dominan siswa yaitu sebanyak 21
orang siswa memperoleh skor pada kategori sangat baik yaitu pada skor 15. Kemampuan siswa
dalam membaca cerpen berdasarkan 5 unsur dapat disimpulkan pada kategori baik karena ratarata
siswa memperoleh baik dan sangat baik. Namun unsur yang belum dikuasai oleh mahasiswa
adalah unsur tokoh/penokohan dan unsur latar, dimana pada unsur penokohan terdapat 16 %
siswa atau sebanyak 4 orang siswa yang memperoleh skor pada kategori kurang yaitu skor 5,
kemudian terdapat 3 orang siswa atau 12% yang memperoleh skor pada kategori cukup yaitu
skor 10 kemudian pada unsur latar terdapat 6 orang siswa atau 24% yang memperoleh skor pada
kategori kurang yaitu skor 15.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Membaca Pemahaman; Cerpen; Unsur Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 05:37 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43903 |