Situmorang, Parningotan (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI SMA SWASTA HKBP HUTABAYURAJA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171121023 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 4171121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 4171121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 4171121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 417112023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM. 4171121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. NIM. 4171121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 4171121023 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui validitas bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan besaran dan satuan di SMA Swasta HKBP Hutabayuraja, (2) Mengetahui kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan besaran dan satuan di SMA Swasta HKBP Hutabayuraja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Swasta HKBP Hutabayuraja yang berjumlah 27 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Sugiyono. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, respon siswa dan respon guru terhadap bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik yang validdigunakansebagaimediapembelajaran,ditinjaudari validasi ahli materi dengan persentase 91% dan ahli media 95%, tingkat kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan Besaran dan Satuan di SMA yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon siswa pada uji coba terbatas dengan melibatkan 6 responden memperoleh persentase 86% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 21 responden memperoleh persentase 86% dengan kriteria sangat praktis, dan untuk respon guru melibatkan 1 responden memperoleh persentase 98 % dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 094 |
Keywords: | Bahan ajar interaktif; Pendekatan saintifik; Besaran; Satuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 08:33 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43890 |