Hutapea, Toberia and Silitonga, Melva (2020) Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dengan Penerapan Pendekatan STEM. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
Abstract
Untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan STEM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan STEM. Science, siswa dibimbing untuk mengamati dan menanya sebuah fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tentang organ-organ sistem pencernaan manusia dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Technology, siswa dibimbing untuk mencari tekhnologi yang berkaitan dengan sistem pencernaan makanan pada manusia. Engineering, siswa dibimbing dalam pembuatan poster yang menarik tentang sistem pencernaan pada manusia. Mathematics, mengamati sebuah data dan menarik kesimpulan tentang penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Setelah proses pembelajaran selesai, diberikanlah instrumen soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk pilihan berganda. Setelah soal dijawab oleh siswa, soal dikumpulkan. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi ditabulasi dan dicari rata-ratanya kemudian dikategorikan kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tergolong baik (79,70). Penerapan pendekatan STEM dapat diaplikasikan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan STEM; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:56 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43889 |