Surbakti, Nur Afnia (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI VEKTOR KELAS X SEMESTER 1 DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173321035 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4173321035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 4173321035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM. 4173321035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 4173321035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
9. NIM. 4173321035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 4173321035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM. 4173321035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen tes pemecahan masalah pada materi vector sehingga dapat digunakan sebagai bahan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan kognitif siswa.Jenis penelitian ini ialah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate) dimana pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop.Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X IA-1 dan IA-2 SMAS Brigjen Katamso-01 Medan.Data penelitian diperoleh berdasarkan uji kelayakan instrumen tes (validasi, realibilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan respon siswa). Validasi ahli dari 3 validator menghasilkan nilai rata-rata sebesar 86% yang bermakna instrumen tes layak untuk diujikan. Sedangkan hasil validitas butir soal dari kelas berskala kecil sebesar 87% dan hasil dari kelas berskala besar yaitu 75% soal dikatakan valid.Reliabilitas dari kelas berskala kecil sebesar 0,607 sedangkan reliabilitas dari kelas berskala besar yaitu 0,63 dan dikatakan reliabel.Taraf kesukaran pada pengujian kelas kecil didapatkan bahwa 7 soal dalam katagori sedang dan 1 soal mudah, sedangkan pada kelas besar didapatkan 8 soal dalam katagori sedang.Daya pembeda pada pengujian kelas besar didapatkan bahwa 1 soal berkriteria buruk, 3 soal sedang dan 4 soal baik. Sedangkan hasil daya pembeda dari kelas berskala besar didapatkan bahwa 2 soal dalam kriteria buruk, 3 soal sedang, dan 3 soal baik. Hasil uji respon siswa didapatkan bahwa persentasi respon positif dari 16 sampel sebesar 91.88% dalam kategori sangat baik dan respon negatif sebesar 8.13%. Hasil kemampuan kognitif siswa dalam mengerjakan instrumen tes pemecahan masalah tersebut sebesar 55,1 kelas kecil dan 54,4 kelas besar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tes pemecahan masalah pada materi vector memenuhi hasil pengujian kelayakan instrumen tes sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengukur dan menilai kemampuan kognitif untuk pemebelajaran tatap muka maupun daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 105 |
Keywords: | Pemecahan masalah; Instrumen tes; Kemampuan kognitif; Vektor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:45 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43887 |