Patricia, Novita (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163321021 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4163321021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 4163321021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 4163321021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 4163321021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 4163321021 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM 4163321021 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14, NIM 4163321021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking (HOT) pada materi usaha dan energi yang memenuhi pengujian kelayakan instrument tes yang baik dan respon siswa. Penelitian dilaksanakan dengan model penelitian research and development (R&D) tipe 4D (define, design, development, dan dissemination) di SMA Negeri 1 Kutalimbaru dengan subjek siswa kelas X program MIA. Tahapan penelitian adalah pendefinisian,perancangan, dan tahapan pengembangan dengan melakukan uji coba produk pada kelompok kecil dan kelompok besar serta penyebaran instrumen yang dilakukan dalam ruang lingkup SMA Negeri 1 Kutalimbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes berbasis HOT materi usaha dan energi yang dikembangkan oleh peneliti sudah memenuhi kriteria layak digunakan sebagai instrumen tes hasil belajar. Kelayakan instrumen tes ini didasarkan atas kriteria validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda baik untuk siswa pada uji coba kelompok kecil maupun siswa pada siswa uji coba kelompok besar. Hasil angket respon siswa terhadap soal yang dikembangkan sebesar 93,67% termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa instrument tes berbasis HOT yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan instrument sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur pengetahuan kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 132 |
Keywords: | Kemampuan berpikir; Penilaian pembelajaran; Instrumen tes; Usaha; Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:31 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43883 |