PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 8 MEDAN

Sabrina, Liza (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163321014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163321014 COVER.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163321014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163321014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163321014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163321014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163321014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163321014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163321014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163321014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163321014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163321014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163321014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163321014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163321014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163321014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan video pembelajaran fisika berbasis STEM pada materi fluida statis sebagai media alternatif pembelajaran online. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) model Borg & Gall dengan teknik pengumpulan data pembagian angket dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 36 orang di SMA Negeri 8 Medan. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa video pembelajaran fisika berbasis STEM sebagai media alternatif pembelajaran online yang dikembangkan tergolong pada kriteria sangat valid berdasarkan hasil dari penilaian kedua validator, dengan rincian validator ahli materi diperoleh skor sebesar 83,5% sedangkan pada aspek penilaian media mendapat perolehan skor 97,9%. Respon guru terhadap kepraktisan video pembelajaran fisika berbasis STEM sebagai media alternatif pembelajaran online diperoleh 86,3% dan hasil uji coba lapangan diperoleh skor sebesar 85%. Kedua penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 090
Keywords: Pembelajaran online; Video pembelajaran; Software; Fluida statis; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:15
Last Modified: 22 Nov 2021 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43878

Actions (login required)

View Item
View Item