Ditasya, Islah (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA UNTUK KELAS X DI MAN 2 MODEL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172121009 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. NIM 4172121009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM 4172121009 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM 4172121009 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM 4172121009 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
9. NIM 4172121009 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM 4172121009 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM 4172121009 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan e-modul untuk mengetahui kelayakan e-modul fisika dengan pendekatan saintifik berdasarkan ahli materi dan ahli media, dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul fisika dengan pendekatan saintifik berdasarka respon peserta didik dan guru fisika, serta untuk mengetahui keefektifan e-modul fisika dilihat dari perolehan uji nilai n-gain berdasarkan pengerjaan soal pretest dan postest. Software yang digunakan untuk mengembangkan e-modul fisika ini adalah AppYet. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D). Model Penelitian yang dikembangkan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 88% berada pada kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi ahli media dengan persentase rata-rata skor 94% berada pada kategori sangat layak. Kemudian kepraktisan yang dilihat dari persentase skor angket respon peserta didik diperoleh persentase skor kelompok kecil adalah 92%, persentase skor kelompok besar adalah 90%, dan persentase skor guru fisika adalah 94%, sehingga secara keseluruhan e-modul fisika yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan memperoleh persen skor nilai n-gain pada kelompok kecil yaitu 77% dan kelompok besar memperoleh skor nilai n-gain yaitu 77% dengan kategori masing-masing efektif, sehingga dikategorikan e-modul fisika yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 111 |
Keywords: | E-modul; AppYet; Gerak parabola; Bahan ajar; Modul pembelajaran; Pendekatan saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 08:16 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43858 |