Panjaitan, Heri Syahputra Azhar (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN FISIKA SMA/MA KOTA TANJUNGBALAI T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171121012 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 4171121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 4171121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 4171121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM. 4171121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
9. NIM. 4171121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. NIM 4171121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 4171121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran fisika dengan menggunakan aspek keterampilan berpikir kritis menurut Ennis. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh SMA/MA Kota Tanjungbalai. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 150 siswa kelas X dari 5 sekolah sampel SMA/MA Kota Tanjungbalai. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket kuisoner. Kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA Kota Tanjungbalai mata pelajaran fisika materi gerak lurus pada pembelajaran jarak jauh secara keseluruhan masih rendah. Rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 55,73 dengan kategori rendah. Dengan rata-rata pencapaian tiap aspek yaitu 61,83 pada aspek membuat penjelasan sederhana, 56,37 pada aspek membangun keterampilan dasar, 53,60 pada aspek menyimpulkan, 56,17 pada aspek membuat penjelasan lebih lanjut, 50,67 pada aspek mengatur strategi dan taktik. Respon siswa pada pembelajaran jarak jauh menunjukkan bahwa seluruh responden siswa SMA/MA Kota Tanjungbalai pada aspek akses penggunaan pembelajaran jarak jauh siswa memberikan respon rata-rata <70% menunjukkan bahwa siswa masih sulit dalam menggunakan metode pembelajaran jarak jauh yang diterapkan, aspek Pemahaman materi menunjukkan bahwa pembelajaran 78% siswa lebih memahami materi pada pembelajaran tatap muka dan 52% siswa memahami pelajaran fisika melaui pembelajaran jarak jauh, aspek efektivitas penerapan pembelajaran jarak jauh menunjukkan bahwa lemahnya respon siswa terhadap keefektifan penerapan pembelajaran jarak jauh dengan rata-rata respon ±65%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 106 |
Keywords: | Berpikir kritis; Pembelajaran jarak jauh; Gerak lurus beraturan; Gerak lurus berubah beraturan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 07:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43854 |