Haloho, Ernauli (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN STEM BERBANTUAN KINEMASTER PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172121021 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 4172121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM. 4172121021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 4172121021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 4172121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
9. NIM. 4172121021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. NIM. 4172121021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM. 4172121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) dengan berbantuan KineMaster yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika untuk materi Gelombang Bunyi di sekolah dan mengetahui respon pengguna setelah menggunakan media video animasi pembelajaran yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 SMA Negeri 13 Medan yang berjumlah 48 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi dan ahli media dalam aspek isi materi, pembelajaran, tampilan dan penyajian serta pemrograman dan angket respon pengguna untuk guru bidang studi dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh bahwa media video animasi termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan isi materi 94,44%, aspek pembelajaran 97,22%, maka persentase keseluruhanya didapat 95,83%. Hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh persentase kelayakan aspek tampilan dan penyajian 96,88% dan untuk aspek pemrograman 100% dengan persentase keseluruhan 97,37% dalam kategori sangat layak. Respon pengguna pada uji coba media video animasi dalam pembelajaran, oleh guru mendapat hasil persentase dari keseluruhan aspek sebesar 94,74% yang termasuk pada kategori sangat layak, sedangkan respon peserta didik di kelas XI MIA 4 dengan 29 responden mendapatkan persentase dari keseluruhan aspek sebesar 91,19% yang termasuk pada kategori sangat layak dan untuk kelas XI MIA 5 dengan 19 responden memiliki persentase 91,31% yang termasuk kekategori sangat layak. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh tersebut tujuan dari penelitian ini tercapai dengan baik dimana diperoleh media video animasi pembelajaran yang layak digunakan disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 088 |
Keywords: | Video animasi; KineMaster; Gelombang bunyi; Pendekatan STEM; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 08:44 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43819 |