Siahaan, Theresia Monika (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE THINK PAIR SQUARE PADA SMP NEGERI PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126172038 Cover.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. 8126172038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
3. 8126172038 Abstrak.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. 8126172038 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. 8126172038 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 8126172038 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. 8126172038 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. 8126172038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
9. 8126172038 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126172038 Bab V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
11. 8126172038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan think pair square pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap siswa antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan think pair square, dan (3) untuk mengetahui proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa terhadap tes kemampuan pemecahan masalah matematis antara pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kooperatif tipe think pair square. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Pematangsiantar, dan sampelnya dipilih secara acak yaitu SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 3 Pematangsiantar dengan VII-4 dan VII-5 sebagai kelas eksperimen 1 dan VII-5 dan VII-7 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing- masing berjumlah 68 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian dan angket sikap siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,549 untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan 0,864 untuk angket skala sikap. Penelitian ini menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran think pair share dengan siswa yang diberi model pembelajaran think pair square, (2) Sikap siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik secara signifikan dari siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square, dan (3) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan mengunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Square.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515.252 071 2 Sia p |
Keywords: | Persamaan linear; Pertidaksamaan linear; Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Sikap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4380 |