Wahyuni, Sri (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172111019 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4172111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. NIM 4172111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 4172111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4172111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM 4172111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM 4172111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 4172111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII MTs Al Wasliyah Gunting Saga yang berjumlah 16 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi guru dan siswa, tes kemampuan komunikasi, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra pada siklus I diawali dengan memberikan masalah kontekstual pada LKPD, membentuk kelompok diskusi berdasarkan tes awal, membimbing penyelesaian masalah matematis dalam LKPD dengan bantuan geogebra melalui handphone masing-masing siswa, menyajikan hasil diskusi serta mengevaluasi hasil diskusi siswa. Pada siklus II diawali dengan memberikan masalah kontekstual pada LKPD, membentuk kelompok berdasarkan TKKM 1 dan memilih ketua kelompok serta menekankan hanya 1 handphone terinstal geogebra selama diskusi, kemudian membimbing penyelesaian masalah matematis dalam LKPD dan menambahkan bahan ajar berupa duplikat materi dari buku guru, menyajikan serta mengevaluasi hasil diskusi siswa. (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gainnya adalah 0,37. Berdasarkan hasil TKKM I siklus I diperoleh 10 siswa (62,5%) dari 16 siswa memiliki kemampuan minimal cukup. Dilihat dari indikator kemampuan komunikasi matematika, sebanyak 12 siswa (75%) mampu menulis matematika, 13 siswa (81,25%) mampu menggambar matematika, dan 5 siswa (31,25%) mampu ekspresi matematika. Pada siklus II berdasarkan hasil TKKM II diperoleh 14 siswa (87,5%) dari 16 siswa memiliki kemampuan minimal cukup. Dilihat dari indikator kemampuan komunikasi matematika, sebanyak 14 siswa (87,5%) mampu menulis matematika, 15 siswa (93,75%) mampu menggambar matematika, dan 14 siswa (87,5%) mampu ekspresi matematika. Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan bahwa komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs Al Wasliyah Gunting Saga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 246 |
Keywords: | Komunikasi matematika; Pembelajaran berbasis masalah; Geogebra; Bangun ruang sisi datar; Kubus; Balok; Prisma; Limas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 05:16 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 05:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43766 |