STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Simamora, Serli Yustina (2021) STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311091 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311091 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311091 APPROVASL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311091 APPROVASL SHEET.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311091 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311091 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311091 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311091 PREFACE.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311091 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311091 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311091 BAB I.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311091 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311091 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311091 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metasintesis tentang efektivitas pembelajaran daring pada pelajaran matematika di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metasintesis yaitu mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi seluruh temuan temuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Populasi penelitian yakni artikel mengenai efektivitas pembelajaran daring pada pelajaran matematika di masa pandemi Covid-19 pada 2 tahun terakhir. Subjek penelitian artikel yang memenuhi kriteria instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari penilaian kualitas dan relevansi terhadap artikel. Artikel yang memiliki kualitas dan relevansi yang memenuhi kriteria tersebut selanjutnya diekstrasi datanya untuk kemudian diproses lebih lanjut ke tahap sintesis data. Hasil penelitian diperoleh bahwa metasintesis terhadap efektivitas pembelajaran daring pada pelajaran matematika di masa pandemi covid-19 menujukkan bahwa (1) melalui indikator hasil belajar siswa pada hasil penelitian sebelumnya, diperoleh hasil belajar siswa yang memuaskan, yaitu hasil belajar siswa termasuk kedalam kriteria baik dan sangat baik. Hasil belajar siswa yang paling tinggi terdapat pada artikel dengan penggunaan aplikasi wordwall, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,35%, (2) melalui indikator respon siswa pada penelitian sebelumnya, diperoleh respon siswa yang baik terhadap pembelajaran daring, yaitu respon siswa dengan kriteria positif dengan persentase 100% pada 2 artikel dengan penggunaan aplikasi Wordwall dan Dragonlearn, (3) melalui indikator ketercapaian keefektifan aktivitas siswa pada penelitian sebelumnya, diperoleh aktivitas siswa yang paling tinggi yaitu aktivitas siswa dengan kriteria baik dengan persentase 100% pada 2 artikel dengan penggunaan aplikasi Wordwall dan Dragonlearn, dan (4) melalui indikator kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada penelitian sebelumnya, diperoleh kemampuan guru yang paling baik yaitu dengan kriteria baik dengan persentase 100% pada 3 artikel dengan penggunaan aplikasi Wordwall, Dragonlearn dan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 209
Keywords: Pembelajaran daring; Efektivitas pembelajaran; Pelajaran matematika; Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Nov 2021 06:12
Last Modified: 16 Nov 2021 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43747

Actions (login required)

View Item
View Item