Pratiwi, Sari Devi (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA ACEH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111089 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151111089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 4151111089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. NIM. 4151111089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM. 4151111089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM. 4151111089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM. 4151111089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 4151111089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning berbasis budaya Aceh lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran langsung. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa terkait kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dengan konteks budaya Aceh dan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Langsa tahun ajaran 2020/2021 dan mengambil sampel sebanyak dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yang terdiri dari 64 siswa). Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model Problem Based Learning dengan konteks budaya Aceh dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Instrumen yang dilakukan adalah Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan model Problem Based Learning dengan Konteks Budaya Aceh lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung (2) Proses penyelesaian jawaban siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajar melalui model Problem Based Learning dengan Konteks Budaya Aceh lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajar melalui model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 248 |
Keywords: | Pemahaman konsep; Problem based learning; Budaya Aceh; Bangun ruang sisi datar; Luas permukaan; Kubus; Balok; Prisma; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 05:01 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43746 |