Azmaini, Risma (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4172111040 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM 4172111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
3. NIM 4172111040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4. NIM 4172111040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 4172111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
9. NIM 4172111040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM 4172111040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
14. NIM 4172111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 pada materi bangun ruang sisi datar, dengan melihat apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran Discovery Learning, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dengan sampel kelas VIII Terpadu-1 sebagai kelas yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas VIII Unggul sebagai kelas yang menggunakan model ekspositori. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas discovery learning diperoleh rata-rata post-test adalah 81,37 dan rata-rata post-testekspositoriadalah 74,19. Kemudian data diuji untuk mengetahui apakah data terbukti berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t_(hitung) 〖> t〗_tabel yaitu 2,73> 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning, dimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 245 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Discovery learning; Ekspositori; Bangun ruang; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:34 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43741 |