PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Lumban Toruan, Renaldo (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORA PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171111042 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171111042 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171111042 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171111042 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171111042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171111042 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171111042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171111042 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171111042 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171111042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171111042 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171111042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171111042 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pembuataan produk media pembelajaran menggunakan software filmora pada materi lingkaran di kelas VIII dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan aplikasi software filmora. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). penelitian pengembangan ini menggunakan metode Alessi & Trollip yang meliputi 3 langkah yaitu : (1) Planning, (2) design, (3) development. Hasil penelitian pengembangan berupa produk video pembelajaran yang telah divalidasikan ke ahli materi dan ahli media dengan hasil 3,37% dari ahli materi, 3,15% dari ahli media yang kedua hasil tersebut dikategorikan layak. Diujikan dalam skala kecil 3,51% dan skala besar 3,51% terhadap siswa kelas VIII SMP Swasta Madani, dari hasil tersebut video dikategorikan layak dan juga meningkatkan minat belajar siswa dengan persentase 87,76%. Dengan hasil tersebut disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan dalam proses belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 203
Keywords: Media pembelajaran; Filmora; Lingkaran; Video animasi; Bahan ajar digital; Minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:43
Last Modified: 15 Nov 2021 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43725

Actions (login required)

View Item
View Item