ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP SE KABUPATEN ACEH TAMIANG

Nurainun (2014) ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP SE KABUPATEN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116174010 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8116174010 Cover.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116174010 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116174010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116174010 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116174010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116174010 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116174010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116174010 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116174010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116174010 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116174010 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116174010 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. 8116174010 Bab I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116174010 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. 8116174010 Bab V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116174010 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. 8116174010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang Menyebabkan kesulitan guru SMP dalam mengajarkan materi bioteknologi bagi peserta didik SMP kelas IX di Kabupaten Aceh Tamiang (2) Untuk mengetahui cara mengatasi kesulitan dalam membelajarkan materi bioteknologi bagi peserta didik SMP kelas IX di Kabupaten Aceh Tamiang (3) Untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam pembelajaran bioteknologi peserta didik SMP kelas IX di Kabupaten Aceh Tamiang (4) Untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran bioteknologi bagi peserta didik kelas IX SMP di Kabupaten Aceh Tamiang (5) Untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan dalam membelajarkan materi bioteknologi bagi peserta didik SMP kelas IX di Kabupaten Aceh Tamiang. Populasi penelitian adalah seluruh guru biologi SMP Negeri yang tergabung dalam kelompok kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Aceh Tamiang berjumlah 112 orang berasal dari 56 sekolah, 12 Kecamatan. Sampel yang diambil dalam penelitian guru MGMP adalah 27 orang guru dari 16 Sekolah SMP Negeri di rayon SMPN 1 Karang Baru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian langsung lapangan (field research), kepada guru-guru yang melakukan MGMP mata pelajaran biologi di Kabupaten Aceh Tamiang, memalui angket guna memperoleh data yang jelas. Hasil deskripsi diperoleh guru mengalami kesulitan dalam membelajarkan materi bioteknologi yakni fakor konten materi (44,44%) dan praktik (44,44%). Materi yang dianggap guru sulit adalah mengenai rekayasa genetika (41,67%) dan kultur jaringan (16,67%). Selanjutnya, penggunaan bahasa latin (25%), berkenaan dengan ketersediaan alat dan bahan (50%) tidak memadai, waktu yang lama untuk melaksanakan praktik bioteknologi (25%) dan prosedur kerja dalam praktik/eksperimen pembuatan produk bioteknologi (25%). Dalam pengatasan kesulitan dalam membelajarkan materi bioteknologi dilakukan penggunaan media (11,11%), mencari referensi/informasi berkaitan dengan materi bioteknologi (18,51%), melaksanakan praktik/eksperimen (33,33%), menambah waktu dalam membelajarkan materi bioteknologi (7,4%) dan melaksanakan studi lapangan (7,4%), data siswa yang mengalami kesulitan pada konten materi (55,56%) dan praktik/eksperimen (29,62%). Materi yang dianggap sulit bagi siswa berkenaan dengan rekayasa genetika (26,67%), kultur jaringan (33,33%) dan produk bioteknologi (13,33%). Penggunaan bahasa latin (20%), untuk sarana dan prasarana guru menyatakan ketersediaan penunjang pembelajaran bioteknologi memperlihatkan bahwa hanya 33,33% sementara 66,67% guru menyatakan bahwa sarana dan prasarana yang ada di sekolah belum memadai untuk menunjang pembeajaran, dari data guru metode yang dilakukan paling banyak digunakan dalam pembelajaran materi bioteknologi adalah diskusi (22,22%) dan praktik/eksperimen (14,81%). Selanjutnya 7,40% digunakan metode pembelajaran diskusi disertai eksperimen dan diskusi disertai tanya jawab sebesar 7,40%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Nur a
Keywords: Bioteknologi; Mengajar; Guru; Lingkungan; Standar kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 12 May 2016 18:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4368

Actions (login required)

View Item
View Item