Agustin, Yolanda (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PELAJARAN KIMIA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173331051 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4173331051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 4173331051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 4173331051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM. 4173331051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 4173331051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM. 4173331051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM. 4173331051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan bahan ajar berbasis web pada pokok bahasan laju reaksi siswa kelas XI dan (2) mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar berbasis web lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi untuk siswa kelas XI. Tahapan dari penelitian ini diawali dengan mengembangkan media pembelajaran menggunakan model ADDIE dan melakukan validasi media. Setelah memenuhi standar penilaian BSNP, media pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling mengambil 2 kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan bahan ajar berbasis web sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang telah diuji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bahan ajar berbasis web yang digunakan dalam penelitian ini telah memenuhi syarat kelayakan aspek media dan materi dengan rata-rata perolehannya sebesar 98,46%, (2) Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (14,952 > 1,998) maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh bahan ajar e-learning berbasis website pada pelajaran kimia materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 132 |
Keywords: | Hasil belajar; Web; Laju reaksi; Bahan ajar; E-learning; Problem based learning; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 07:12 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43656 |