Siagian, Marlina Febriany (2014) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DENGAN KESADARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMA SE KOTA SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-33069-8126273014 Judul.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Bab I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Bab V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
UNIMED-Master-33069-8126273014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) pengetahuan lingkungan; (2) kemampuan berpikir kritis; (3) sikap; (4) pengetahuan lingkungaan, kemampuan berpikir kritis dan sikap secara bersama-sama dengan kesadaran lingkungan pada siswa se Kota Sibolga. Besar kontribusi (R) (5) pengetahuan lingkungan; (6) kemampuan berpikir kritis; (7) sikap; (8) pengetahuan lingkungan, kemampuan berpikir kritis dan sikap secara bersama-sama dengan kesadaran lingkungan. Sampel penelitian ini adalah Siswa SMA se Kota Sibolga kelas XI dengan teknik purposive sampling yaitu diambil 270 orang siswa dari 9 SMA negeri dan Swasta di Kota Sibolga. Instrumen penelitian ini berupa tes pengetahuan lingkungan, tes kemampuan berpikir kritis, angket sikap dan angket kesadaran lingkungan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik analisis hipotesis teknik analisis jalur pada signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan lingkungan dengan kesadaran lingkungan (r = 0,43, F = 60,73 , P = 0,00); (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan kesadaran lingkungan (r = 0,30, F = 25,77, P= 0,00); (3) terdapat hubungaan yang signifikan antara sikap dengan kesadaran lingkungan (r = 0,26 F = 19,38, P = 0,00); (4) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan lingkungan, kemampuan berpikir kritis dan sikap secara bersama-sama dengan kesadaran lingkungan (r = 0,49, F = 27,51, P = 0,00).(5) pengetahuan lingkungan berkontribusi sebesar (koefisien determinan 18,5%); (6) kemampuan berpikir kritis berkontribusi sebesar (koefisien determinan 8,8%), (7) sikap berkontribusi sebesar (koefisien determinan 6,7%) terhadap kesadaran lingkungan serta (8) pengetahuan lingkungan, kemampuan berpikir kritis dan sikap secara bersama – sama berkontribusi sebesar (koefisien determinan 23,7%) terhadap kesadaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Sia h |
Keywords: | Kesadaran lingkungan; Berpikir kritis; Pengetahuan lingkungan; Sikap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4364 |