BIOLOGY EDUCATION STUDENTS PERCEPTION TOWARDS USING DIFFERENT ONLINE LEARNING PLATFORMS AND THEIR LEARNING BEHAVIOR IN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Panjaitan, Novianti (2021) BIOLOGY EDUCATION STUDENTS PERCEPTION TOWARDS USING DIFFERENT ONLINE LEARNING PLATFORMS AND THEIR LEARNING BEHAVIOR IN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172141028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172141028 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172141028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172141028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172141028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172141028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172141028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172141028 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172141028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172141028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172141028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172141028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172141028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172141028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan SIPDA, Zoom, dan WhatsApp sebagai platform pembelajaran daring terhadap persepsi dan perilaku belajar mahasiswa pada beberapa mata kuliah serta untuk mengetahui korelasi antara persepsi dengan perilaku belajar. Sebanyak 119 mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 di Universitas Negeri Medan dijadikan sampel dengan teknik Random Sampling. Hasil penelitian pada mata kuliah Biologi Sel, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.489) dan perilaku belajar (thitung 6.368) dengan korelasi 0.256; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung=4.024) dan perilaku belajar (thitung = 4.981) dengan korelasi 0.341; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1982) dan perilaku belajar (thitung = 1.997) dengan korelasi 0.262. Pada mata kuliah Ekologi, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1.991) dan perilaku belajar (thitung = 1.994) dengan korelasi -0.309; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.335) dan perilaku belajar (thitung = 3.397) dengan korelasi -0.296; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 118.448) dan perilaku belajar (thitung = 2.087) dengan korelasi -0.366. Pada mata kuliah Genetika, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 6.790) dan perilaku belajar (thitung = 2.998) dengan korelasi 0.282; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1.988) dan perilaku belajar (thitung = 1.988) dengan korelasi 0.249; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.000) dan perilaku belajar (thitung = 1.999) dengan korelasi 0.247. Secara keseluruhan diperoleh nilai thitung > ttabel = 1.981. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penggunaan ketiga platform pembelajaran daring terhadap persepsi mahasiswa dan perilaku belajar mahasiswa serta terdapat pengaruh antara persepsi dan perilaku belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 194
Keywords: Perilaku belajar; Persepsi; Platform pembelajaran daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Nov 2021 08:23
Last Modified: 04 Nov 2021 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43628

Actions (login required)

View Item
View Item