Panjaitan, Novianti (2021) BIOLOGY EDUCATION STUDENTS PERCEPTION TOWARDS USING DIFFERENT ONLINE LEARNING PLATFORMS AND THEIR LEARNING BEHAVIOR IN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172141028 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4172141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
3. NIM. 4172141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4172141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 4172141028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 4172141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. NIM. 4172141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM. 4172141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan SIPDA, Zoom, dan WhatsApp sebagai platform pembelajaran daring terhadap persepsi dan perilaku belajar mahasiswa pada beberapa mata kuliah serta untuk mengetahui korelasi antara persepsi dengan perilaku belajar. Sebanyak 119 mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 di Universitas Negeri Medan dijadikan sampel dengan teknik Random Sampling. Hasil penelitian pada mata kuliah Biologi Sel, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.489) dan perilaku belajar (thitung 6.368) dengan korelasi 0.256; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung=4.024) dan perilaku belajar (thitung = 4.981) dengan korelasi 0.341; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1982) dan perilaku belajar (thitung = 1.997) dengan korelasi 0.262. Pada mata kuliah Ekologi, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1.991) dan perilaku belajar (thitung = 1.994) dengan korelasi -0.309; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.335) dan perilaku belajar (thitung = 3.397) dengan korelasi -0.296; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 118.448) dan perilaku belajar (thitung = 2.087) dengan korelasi -0.366. Pada mata kuliah Genetika, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 6.790) dan perilaku belajar (thitung = 2.998) dengan korelasi 0.282; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1.988) dan perilaku belajar (thitung = 1.988) dengan korelasi 0.249; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.000) dan perilaku belajar (thitung = 1.999) dengan korelasi 0.247. Secara keseluruhan diperoleh nilai thitung > ttabel = 1.981. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penggunaan ketiga platform pembelajaran daring terhadap persepsi mahasiswa dan perilaku belajar mahasiswa serta terdapat pengaruh antara persepsi dan perilaku belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 194 |
Keywords: | Perilaku belajar; Persepsi; Platform pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 08:23 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43628 |