Ariani, Nana (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH MIKROBIOLOGI DI PRODI BIOLOGI UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126174015 Cover.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. 8126174015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3. 8126174015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. 8126174015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. 8126174015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 8126174015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. 8126174015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 8126174015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. 8126174015 Bab I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
10. 8126174015 Bab V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
11. 8126174015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan multimedia terhadap aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah mikrobiologi. Jenis penelitian dilakukan dengan teknik sampling total yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol 26 mahasiswa dan kelas eksperimen 24 mahasiswa. Penelitian dilakukan di Prodi Biologi Program Sarjana Unimed. Kelas kontrol menggunakan media powerpoint sedangkan kelas eksperimen menggunakan multimedia. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis secara deskriptif dan analisis secara inferensial. Uji hipotesis dilakukan dengan Independent Sample T-Test satu ekor dengan SPSS 17.0 for windows. Hasil yang diperoleh adalah multimedia efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah mikrobiologi di Prodi Biologi, Program S-1,Unimed. Hasil uji hipotesis yaitu : (1) Aktivitas mahasiswa menggunakan multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas mahasiswa yang menggunakan media powerpoint pada materi mikrobiologi lingkungan,; (2) Hasil belajar mahasiswa menggunakan multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media powerpoint pada materi mikrobiologi lingkungan; dan (3) Hasil belajar mahasiswa yang dilihat dari masing-masing tingkatan kognitif taksonomi Bloom (C1,C2,C3,C4,C5, dan C6) yang menggunakan multimedia dengan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan media powerpoint pada materi mikrobiologi lingkungan. Tingkat kognitif yang tinggi terjadi pada tingkat kognitif C2, C3, C5 dan C6.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 579.071 1 Ari e |
Keywords: | Media pembelajaran; Multimedia interaktif; Mikrobiologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4361 |