Datmi, Rezki Ridho (2020) Pembelajaran Origami Dengan Menggunakan Media Lagu Anak Mari Melipat Pada P.A.U.D Bina Insani Di Tanjungbalai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143140029 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 2143140029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM. 2143140029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM. 2143140029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 2143140029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 2143140029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. NIM. 2143140029 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 2143140029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
12. NIM. 2143140029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM. 2143140029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran keterampilan melipat kertas
dari origami sambil mengkombinasikannya dengan lagu anak yaitu “Mari Melipat” juga
untuk mengetahui hasil dan hambatan apa saja yang akan dihadapi saat memberikan
pembelajaran sambil bernyanyi. Pada saat Proses pembelajaran origami, guru memutar MP3
rekaman lagu “Mari Melipat” menggunakan speaker atau menyanyikannya secara unisono
bersama-sama dan selanjutnya memvisualisasikan secara langsung dihadapan anak-anak.
Untuk mencapai tujuan penelitian yang diinginkan, penulis menggunakan metode
kualitatif. Sesuai dengan judul penelitian, maka peneliti menggunakan metode deskriptif
kualitatif untuk mendeskripsikan Pembelajaran Origami Dengan Menggunakan Media Lagu
Anak MariMelipat Di PAUD Bina Insani Tanjung Balai. Objek dalam penelitian ini adalah
kertas origami dan lagu anak “Mari Melipat” dan subjek dari penelitian ini ialah Anak PAUD
Bina Insani Tanjung Balai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses Pembelajaran origami menggunakan
media lagu terdiri dari beberapa tahapan yaitu (a) mendengar, (b) meniru, (c) mengulang, (d)
evaluasi. (2) Hasil pembelajaran origami menggunakan media lagu diperoleh melalui
evaluasi penilaian seperti (a) berkembang sangat baik (BSB), (b) berkembang sesuai harapan
(BSH), (c) mulai berkembang (MB), (d) belum berkembang (BB). (3) Hambatan dalam
pembelajaran origami menggunakan media lagu terbagi menjadi dua sudut pandang yaitu (a)
hambatan yang didapat dari sudut pandang pengajar, (b) hambatan yang di dapat dari sudut
pandang anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Origami; Media; Pembelajaran; Lagu Anak |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 11:33 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 11:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43600 |