Mulyani, Dewi (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 6 LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-33062-8106174020 Judul.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Bab I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Bab V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
UNIMED-Master-33062-8106174020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pencernaan makanan, (2) pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan makanan, (3) kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dari pengaruh model pada materi sistem pencernaan makanan, dan (4) kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dari pengaruh model pembelajaran pada materi sistem pencernaan makanan. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu 2 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah bermedia animasi (Eksperimen A), dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media (Eksperimen B), sedangkan 1 kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 6 soal; tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 20 soal dalam bentuk Essay yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Data dianalisis menggunakan teknik Analisis Kovariat (Anacova) dengan bantuan program SPSS 19.0 (SPSS Inc.).Hasil Penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah biologi siswa pada materi sistem pencernaan makanan ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 72,112 > 2,70 serta nilai probabilitas 0,000 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan makanan ditunjukkan Fhitung > Ftabel yaitu 26,921 > 2,70 serta nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (3) kemampuan pemecahan masalah biologi siswa yang dibelajarkan dengan model PBL bermedia animasi 81,55±6,32 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media 77,99±5,76 maupun model pembelajaran konvensional 64,06±5,76 (4) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model PBL bermedia animasi 81,57±12,70 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media 63,48±14,86 maupun model pembelajaran konvensional 57,73±10,39. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan penggunaan media animasi dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.307 12 Mul p |
Keywords: | Sistem pencernaan; Media animasi; Pemecahan masalah; Berpikir kritis; Media pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4358 |