Tanjung, Murniati Endang Sulastri (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ICT (INTERNET) MEDIA POWER POINT DAN BUKU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA DIPONEGORO PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174011 Judul.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. 8106174011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. 8106174011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. 8106174011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. 8106174011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
6. 8106174011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. 8106174011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. 8106174011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. 8106174011 Bab I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
10. 8106174011 Bab V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
11. 8106174011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui hasil belajar biologi yang dibelajarkan dengan PBL menggunakan Internet dan PBL Power Point;(2) Mengetahui hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan PBL menggunakan internet dan PBL media buku;(3) Mengetahui hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan PBL internet dan konvensional;(4) Mengetahui hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan PBL menggunakan media power point dan PBL media buku;(5) Mengetahui hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan PBL menggunakan power point dan pembelajaran konvensional;(6) Mengetahui hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan PBL menggunakan media buku dan pembelajaran konvensional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Diponegoro Kisaran Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 4 kelas dengan jumlah 138 siswa dan pengambilan sampelnya ditentukan secara total sampling.Kelas X-1 PBLmenggunakan media internet,kelas X-2 PBL menggunakan media power point, kelas X-3 PBL menggunakan media buku, dan kelasX-4 menggunakan media buku dengan konvensional.Instrumen pada penelitian ini mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 40 soal dan essay tes 6 soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah.Penelitian ini juga mengukur aktivitas siswa dan angket siswa.Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Pretes-Postest Kontrol Group. Teknik analisa data menggunakan uji anava dan uji lanjut poshoc pada taraf signifikan 5 %.Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan PBLmedia internet,PBL media power point,PBL media buku dan tidak berpengaruh nyata terhadap pembelajaran yang dibelajarkan dengan media buku konvensional. Kemampuan siswa dalam menjawab soal kemampuan pemecahan masalah menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan PBL media buku,PBL media power point,PBL media internet dan tidak berpengaruh nyata terhadap pembelajaran konvensional (2) aktivitas siswa menunjukan bahwa dapat menyelesaikan tugas tepat waktu 84,96% (3)Persepsi tentang model pembelajaran berbasis masalah menunjukan bahwa minat siswa dalam mempelajari materi pencemaran lingkungan menunjukan bahwa minat siswa dalam mempelajari materi pencemaran sangat tinggi yaitu 20,83%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.950 712 Tan p |
Keywords: | Pencemaran lingkungan; Buku; Media gambar; Power point; Pemecahan masalah; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4356 |