Hasibuan, Ilman Mandraguna (2020) Metode Cooperative Learning dalam Ektrakulikuler Angklung bagi Siswa Tunagrahita di SLB Santa Lusia Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143340018 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 2143340018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
3. NIM. 2143340018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 2143340018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 2143340018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 2143340018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
10. NIM. 2143340018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
11. NIM. 2143340018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pelaksanaan ektrakulikuler angklung, proses pembelajaran angklung, dan faktor kondisi siswa yang dihadapi di SLB Santa Lusia Medan. Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian ekstrakulikuler, metode cooperative learning, angklung, dan tunagrahita. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di jalan Dusun I Kamboja Laut Dendang. Hasil penelitan bahwa ekstrakulikuler angklunng di SLB Lusia Medan dilakukan sekali seminggu dengan membawakan lagu-lagu bertema nasional. Ekstrakulikuler angklung diajarkan secara menyeluruh dikelas dimana guru memberikan partitur lagu-lagu wajib nasional. Cooperative Learning merupakan aktivitas pembelajaran kelompok yang di organisir oleh satu prinsip bahwah pembelajaran harus didasarkan pada perubahan informasi secara social diantara kelompok-kelompok setiap pembelajaran. Proses pembelajaran ektrakulikuler angklung dengan metode cooperative learning dilakukan seminggu sekali dengan tahapan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Faktor kondisi siswa yang dihadapi dalam penggunaan metode cooperative learning dengan keterbatasan mental membuat siswa kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran dan membutuhkan proses yang berulang-ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode cooperative learning; ekstrakulikuler; angklung; tunagrahita |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT40 Composition. Elements and techniques of music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 06:56 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43502 |