Lubis, Rizki Kholilah (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126142015 Judul.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8126142015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. 8126142015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. 8126142015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. 8126142015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 8126142015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. 8126142015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. 8126142015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. 8126142015 Bab I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
10. 8126142015 Bab V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
11. 8126142015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Peningkatan daya saing bangsa dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu pendidikan dan perbaikan karakter sumberdaya manusia melalui pengadaan buku ajar bermutu. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester I berdasarkan standar isi kurikulum 2013 yang digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta membantu peserta didik memperoleh hasil belajar yang optimal. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri di Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposif, yaitu SMA Negeri 1 Kotanopan, SMA Negeri 2 Plus Panyabungan dan SMA Muhammadiyah 2 Medan masing-masing sebanyak 2 kelas. Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar kimia berdasarkan kurikulum 2013 dapat menolong siswa di dalam pembelajaran untuk mencapai kompetensi sesuai tuntutan kurikulum. Buku ajar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kegiatan belajar kimia siswa dengan efektivitas hasil belajar untuk siswa-siswi SMA Negeri 2 Plus Panyabungan adalah sebesar 19,94%, untuk siswa siswa-siswi SMA Negeri 1 Kotanopan adalah sebesar 33,16%, dan untuk siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Medan adalah sebesar 33,68%. Penggunaan buku ajar yang dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 untuk siswa SMA/MA kelas XI semester I efektif terhadap hasil belajar siswa sehingga penggunaan buku ajar ini mempengaruhi pergeseran pembelajaran dari teacher centre menuju student centre, dan sekaligus meningkatkan karakter baik siswa. Diharapkan guru dapat menggunakan buku ajar kimia hasil inovasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pengajaran kimia dan sekaligus menghasilkan sumberdaya manusia berkarakter baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Lub p |
Keywords: | Buku ajar; Kurikulum 2013; Penelitian pengembangan; Prestasi belajar; Media pembelajaran; Ilmu kimia; Inovasi |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4344 |