Hasibuan, Puspita Fadli (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Sanggul Ukel Konde Pada Kelas XI SMK Negeri. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8176122020 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM.8176122020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM.8176122020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 8176122020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM.8176122020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM.8176122020 TABLES.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7. NIM.8176122020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM.8176122020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM.8176122020 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM.8176122020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
14. NIM.8176122020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran sanggul ukel konde. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengambangan Borg dan Gall yang
dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick n Carey. Model pengembangan ini meliputi enam tahap yakni : studi literature, perencanaan dan desain pengambangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, dan
produk akhir.
Subject uji coba terdiri dari dua orang ahli materi pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran , dua orang media video pembelajaran, tiga orang siswa
untuk uji perorangan, Sembilan orang untuk uji coba kelompok kecil, dan dua puluh tujuh orang siswa untuk uji coba lapangan.
Instrument yang digunakan adalah lembar angket validasi kelayakan video pembelajaran. Hasil rata- rata angket validasi kelayakan video pembelajaran dari dua validator yang berbeda yaitu (1) validator kelayakan materi pada
kualifikasi sebesar 90,42% sangat layak, (2) validator kelayakan desain pada kualifikasi sebesar 89,47% sangat layak, (3) kelayakan video pembelajaran pada kualifikasi 88,92 % sangat layak .
Hasil pengajuan hipotesis membuktikan bahwa : (1) video pembelajaran sanggul ukel konde layak digunakan oleh siswa kelas XI jurusan tata kecantikan SMK Negeri 3 Tebing tinggi. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan video pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan video pembelajaran sanggul
ukel konde. Hal ini ditunjukkan dengan pengolahan data thitung = 3,731 pada taraf signifikan dengan dk 27 diperoleh ttabel = 1,71088 Sehingga thitung >ttabel.,
efektifitas penggunaan video pembelajaran berbasis budaya = 86,52%. Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan video pembelajaran 79,42%. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran sanggul ukel konde pada kelas XI tata
kecantikan rambut SMK Negeri 3 Tebing tinggi dinyatakan layak dan efektif untuk dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 646.7 Has p |
Keywords: | pengembangan; video pembelajaran; sanggul ukel konde |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TX Home economics T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 03:15 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43321 |