Dewi, Muthia (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL THIAGARAJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI MTS PESANTREN DAAR AL ULUUM KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126172027 Judul.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. 8126172027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3. 8126172027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. 8126172027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
5. 8126172027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. 8126172027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8126172027 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8126172027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. 8126172027 Bab I.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
10. 8126172027 Bab V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
11. 8126172027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul beserta perangkat pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis dan efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat menurut Thiagarajan, tanpa tahap penyebaran. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VII-E MTs Pesantren Daar Al Uluum Kisaran semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul beserta perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik karena telah teruji validitasnya. Hasil pelaksanaan perangkat pembelajaran pada tahap implementasi termasuk kriteria praktis. Efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran ini diperoleh dari data hasil belajar siswa yang tuntas belajar ≥ 85% secara klasikal dan respon positif siswa berada diatas 80%. Hasil perhitungan uji-t memberikan nilai signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diberi perangkat pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dew p |
Keywords: | Matematika realistik; Self instructional; Self contained; Stand alone; Bahan ajar; Modul |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4332 |