Rahman, Gusti (2021) Inovasi Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator 3.0 Sebagai Media Pembelajaran Materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196141005 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM. 8196141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8196141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM. 8196141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 8196141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 8196141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM. 8196141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM. 8196141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM. 8196141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8196141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 8196141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android menggunakan bantuan software Smart Apps Creator 3.0, meningkatkan hasil belajar peserta didik, memotivasi peserta didik serta melihat hubungan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik dan melihat respon peserta didik terhadap penerapan multimedia interaktif berbasis android dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang peserta didik kelas XI tingkat Sekolah Menengah Atas, dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi langsung, wawancara, angket dan tes hasil belajar, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t one sampel dan korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia interaktif berbasis android yang dikembangkan telah layak sesuai BSNP dengan perolehan rata-rata uji kelayakan dari ahli materi sebesar 3,80 dan rata-rata kelayakan ahli media sebesar 3,81 dalam skala 4,00. Hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis android adalah tinggi dengan nilai N-Gain 0,71, dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik lebih tinggi dari pada nilai KKM yang ditetapkan di sekolah yaitu 75 dengan diperolehnya nilai sig. = 0,028 < 0,05 dari hasil hasil uji t one sampel yang dilakukan. Motivasi dan Hasil Belajar peserta didik memiliki hubungan yang positif dengan kekuatan hubungan yang kuat dengan diperoleh nilai r hitung sebesar 0,016 lebih kecil dari pada r tabel 0,396 dan nilai signifikansi sebesar 0001 yang didaptkan dari hasil uji korelasi yang dilakukan. Sedangkan respon peserta didik terhadap penggunaan multimedia interaktif pada materi larutan penyangga sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi jawaban peserta didik sebesar 84%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.212 072 Rah i |
Keywords: | Multimedia Interaktif; Android; Penelitian dan Pengembangan; Hidrolisis Garam; Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 02:46 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43317 |