Putri, Rahma Khairani (2021) Pengaruh Model Poject Based Learning Terhadap Keterampilan Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, & Communication (4C) Fisika di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176176016 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM. 8176176016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3. NIM. 8176176016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 8176176016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 8176176016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8176176016 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8176176016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 8176176016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM. 8176176016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM. 8176176016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 8176176016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C) siswa akibat pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) dengan pembelajaran konvensional, (2) mengetahui peningkatan maisng-maisng keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communcation (4C) siswa akibat penerapan model project based learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN Tapanuli Selatan T.P 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk uraian untuk keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif dan instrumen nontes dalam bentuk observasi untuk keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang telah divalidasikan. Analisis data yang digunakan adala uji manova untuk keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif sedangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi menggunakan analisis N-gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa keterampilan 4C siswa yang diajarakan dengan model PjBL lebih baik daripada keterampilan 4C siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Persentase peningkatan N-gain pada keterampilan critical thinking siswa adalah 75,40% (kategori tinggi),
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 681.4 Put p |
Keywords: | Project Based Learning (PjBL); keteramilan berpikir kritis; keterampilan berpikir kreatif; keterampilan kolaborasi; keterampilan komunikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 10:52 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 10:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43309 |