Harahap, Imelda Rahma (2020) Pengembangan Bahan Ajar Handout Elektronik Berbantuan Adobe Flash Materi Teks Eksplanasi Kelas VIII di SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163311018 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2. NIM 2163311018 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
3. NIM 2163311018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM 2163311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM 2163311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
6. NIM 2163311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 2163311018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8. NIM 2163311018 BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
13. NIM 2163311018 BAB V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM 2163311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari masalah kurangnya bahan ajar yang disediakan oleh sekolah, karena bahan ajar yang tidak bervariasi pembelajaran terasa membosankan bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan bahan ajar yang menarik yang harus disusun sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 3013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar sehingga menghasilkan produk bahan ajar berbentuk handout elektronik berbantuan adobe flashpada meteri teks eksplanasi kelas VIII di SMP Negeri 6 Medan, (2) mendeskripsikan kelayakan handout elektronik sebagai bahan ajar materi teks eksplanasi di kelas VIII di SMP Negeri 6 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hasil produk. Adapaun hasil penelitian ini ialah telah dihasilkan produk bahan ajar berbentuk handout elektronik berbantuan adobe flash pada materi teks eksplanasi kelas VIII dengan persentase kelayakan 83.80%dari ahli materi dan termasuk kategori sangat layak, nilai kelayakan menurut ahli desain ialah 96% dan termasuk kategori sangat layak, selanjutnya respon guru bidang studi ialah 93.75% dan termasuk kategori sangat layak, serta 76.82% berdasarkan respon siswa dan termasuk dalam kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar handout elektornik berbantuan adobe flashmateri teks eksplanasi layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Handout Elektronik; Adobe Flash; Teks Eksplanasi; Model Borg and Gall |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 11:51 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 11:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43303 |