PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Hutahaean, Juniar and Simanjuntak, Mariati Purnama and Pulungan, Mailita Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 4 (4). ISSN 2549-8258

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry dan pemahaman konsep awal terhadap hasil belajar, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal rendah, dan 3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran guided inquiry dengan pemahaman konsep awal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA di salah satu SMA negeri di Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel di kelas kontrol sebanyak 36 orang dan di kelas eksperimen sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasieksperimental dengan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan tes pemahaman konsep awal berbentuk pilihan berganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: 1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model guided inquiry dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di atas rerata dengan siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di bawah rerata; dan 3) terdapat interaksi yang signifikan antara model guided inquiry dan pembelajaran konvensional dengan pemahaman konsep awal terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: model guided inquiry, pemahaman konsep awal, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:41
Last Modified: 27 Dec 2021 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43297

Actions (login required)

View Item
View Item