PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Sihaloho, Hendra Waldi and Sahyar and Simanjuntak, Mariati Purnama (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 91-97. ISSN 2252-732X

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran inquiry training terhadapketerampilan proses sains (KPS)siswa. Penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan menggunakan pretes-posttest control group design. Sampel dalam penelitian yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang
dipilih secara probability sampling. Instrumen yang digunakan adalah KPS yang diperoleh dengan tes tulis dan observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa dimana siswa yang diajarkan dengan inquiry training memperoleh KPS lebih baik dibandingkan konvensional.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Training, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:21
Last Modified: 21 Dec 2021 10:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43287

Actions (login required)

View Item
View Item