PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

Silaban, Adeline and Simanjuntak, Mariati Purnama (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (1). pp. 20-24. ISSN 2252-732X

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan pemahaman konsep pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional, apakah peningkatan KPS dan pemahaman
konsep siswa menggunakan inkuiri terbimbing lebih baik dari konvensional, apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap KPS dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika serta mengetahui bagaimana hubungan antara KPS siswa dengan pemahaman konsep siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest control group design. Populasinya adalah kelas X SMK Negeri 1 Stabat dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih secara random sampling. Pengambilan data menggunakan tes instrumen keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Hasil penelitian untuk peningkatan KPS dari kedua kelas diperoleh pretes 42,13 dan 42,86, sedangkan postes 79,66 dan 55,06. Hasil penelitian untuk peningkatan pemahaman konsep dari kedua kelas diperoleh pretes 40,83 dan 33,33,
sedangkan postes 79,00 dan 58,83. Hasil rata-rata peningkatan KPS menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh 0,64 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,25. Hasil rata-rata peningkatan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing
diperoleh 0,68 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,38. Hasil output korelasi person (r) diperoleh >0,05 yaitu 0,37.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, KPS dan Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Sep 2021 15:40
Last Modified: 21 Dec 2021 10:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43286

Actions (login required)

View Item
View Item