DESAIN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH DAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH

Simanjuntak, Mariati Purnama and Marpaung, Nurliana and Siregar, Nurdin (2020) DESAIN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH DAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8 (4). pp. 20-25. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa, khususnya dalam pembelajaran IPA di SMP. Pembelajaran IPA berbasis problem based learning (PBL) dan multirepresentasi dirancang sebagai salah satu alternatif pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum 2913 revisi. Desain pembelajaran PBL berbasis multirepresentasi ini dikembangkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kelas VII yang dapat membuat pemahaman konsep siswa lebih baik dan melatih keterampilan pemecahan masalah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan research & development dengan model define, design, develop, & dessiminate (4D). Penelitian ini masih pada tahap define & design.Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh berupa desain pembelajaran IPA berbasis problem based learning (PBL) dan multirepresentasi yang dapat mengembangkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa. Sintaks pembelajaran PBL yang digunakan adalah mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu penyelidikan individual dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Multirepresentasi yang digunakan adalah verbal, grafik, tabel, persamaan matematis, dan gambar.

Item Type: Article
Keywords: problem based learning, multirepresentasi, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Sep 2021 15:27
Last Modified: 27 Dec 2021 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43284

Actions (login required)

View Item
View Item